![]() |
| Modif Suzuki Satria 120 Drag Race |
![]() |
| Modif Suzuki Satria 120 Drag Race |
Yup! Pacuan yang aplikasi kelir krom ini diracik Hardi yang punya nama besar di dunia balap tanah air. “Sebenarnya kalau dibilang istimewa, gak ada yang istimewa. Magnet aja masih standar kok,” aku tunner karib disapa Kampret itu.
Soal kompresi yang main di 8,2 : 1, itu tercipta karena aplikasi piston Suzuki RGR oversize 150. So, kini liner Satria dijejali penggebuk ruang bakar diameter 61,5 mm. Tapi, karena posisi pen piston RGR lebih tinggi, paking blok pakai bahan aluminium tebal 3 mm. Jadi, tak resiko piston bakal mentok kepala silinder.
![]() |
| Modif Suzuki Satria 120 Drag Race |
Untuk mencapai kompresi yang diinginkan, kepala silinder ikut dipapas 3 mm. Lalu, kemiringan squish dibuat jadi 10ยบ dan lebarnya 13,5 mm. Lewat kompresi dan squish yang lebar ini, power motor pun keluar sejak putaran bawah atawa start.ompresi segitu juga didapat dari silinder blok ikut disentuh tangan dingin Kampret. Tinggi lubang exhaust yang menjadi penentu korekan di pacuan dua nada, dibuat jadi 25 mm. Sedang lebarnya dipatok 38 mm. Hasil papasan bor tunner pun seakan membentuk kipas.
Selain lubang exhaust, lubang transfer juga ikut diperbesar. “Tapi, diperbesar karena pakai reed valve Yamaha RX-Z. Jadi, besarnya lubang harus mengikuti,” alasan mekanik dua zaman ini.
Alasan lain pakai katup buluh RX-Z, karena tak terlalu keras layaknya V-Force. So, lubang intake dipapas 3 mm agar masuk sempurna. Ya, sisi kanan 1,5 mm dan sisi kiri 1,5 mm.
Dukungan pengapian juga tergolong biasa saja. Selain magnet yang standar, koil pun hanya aplikasi milik Yamaha YZ125. Lalu, CDI aplikasi Kawasaki Ninja 150. "Pernah coba entengin magnet dan balancer, torsi hilang," tutup Kampret.
Nah, sekarang sudah dibuka nih rahasia dapur pacu Satria yang dipacu Danny di trek 500 meter. Kalau ada yang ingin ‘ngelamar’, Ocha pun siap menerima.
Ada yang minat? Dari 800 Meter Jadi 500 Meter
Jika sebelumnya main di 800 meter, kini Suzuki Satria 120R ini ikuti panjang trek yang sedang digemari pemacu balap lurus malam hari. Yaitu, 500 meter.
Ubahan rasio juga hanya bermain di gigi I dan IV. Buat gigi I, pakai kombinasi 13/28 mata dan gigi IV di 23/20 mata. Malah menurut Kampret, lebih enak lagi kalau pakai Satria yang 5 Speed.
Karburator ikut menyesuaikan. Jika sebelumnya pakai Keihin PWK28, kini Mikuni TM28. “Ketika pakai PWK, power kurang keluar. Tapi, setelah pakai TM, terasa jauh lebih enak. Mungkin karena venturi lebih besar,” kata Kampret yang enggak bisa terbang itu.
ATA MODIFIKASI
Ban depan : Eat My Dust 45/90-17
Ban belakang : Eat My Dust 60/80-17
Knalpot : Custom by Bokir
Stabilizer : Kitaco
sumber: motorplus.otomotifnet.com



mantap gan....!!!
BalasHapussip gan sering sering aje mampir ke blog ane !
Hapussip gan sering sering aje mampir ke blog ane !
BalasHapuskira-kira abis bugjet berapa tuh om.?
BalasHapusmau dong tolong di korekin motor ane
siip
BalasHapusKebalik nggk gan kemiringan squish band nya
BalasHapuslebar 13.5
drajat 10°
jdi brp persen itu squish bandnya
Kebalik nggk gan kemiringan squish band nya
BalasHapuslebar 13.5
drajat 10°
jdi brp persen itu squish bandnya
Koil yznya pnp atoe ada rubahan boss???
BalasHapusSupri Yono : pnp, koil yz bisa di aplikasikan ke motor apa aja, harga baru sekitar 500rb ori jepang
BalasHapusBerapa ukuran pinal girnya bro
BalasHapusMakasih bang pencerahan nya boleh di coba di rumah hehehe
BalasHapusAlamat bengkel kampret dimana???
BalasHapusSemenjak kapan lebar squis 13'5mm awokawokawok... Mau ngorek motor mtoran
BalasHapusKalo g mau berbagi ilmu ngapain panjang lebar ngasih link beginian .
kenceng banget pasti
BalasHapushttp://arkanafinance.co.id/id/suka-travelling-ayo-ambil-asuransi-perjalanan/